Selasa, 27 Oktober 2015

RINGKASAN ANALISIS MANAJERIAL PT SEMEN INDONESIA, Tbk.


1.      Aspek Organisasi
VISI
MENJADI PERUSAHAAN PERSEMENAN INTERNASIONAL YANG TERKEMUKA DI ASIA TENGGARA
MISI
1.      Mengembangkan usaha persemenan dan industri terkait yang berorientasikan kepuasan konsumen.
2.      Mewujudkan perusahaan berstandar internasional dengan keunggulan daya saing dan sinergi untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan.
3.      Mewujudkan tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan.
4.      Memberikan nilai terbaik kepada para pemangku kepentingan (stakeholders).
5.      Membangun kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia.

STRUKTUR
Sesuai dengan Undang-Undang No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan terbatas, Organ perusahaan terdiri dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris dan Direksi. Kepengurusan  perseroan menganut sistem dua badan (two boards system), yaitu Dewan Komisaris dan Direksi, yang memiliki wewenang dan tanggung jawab yang jelas sesuai fungsinya masing-masing sebagaimana diamanatkan dalam Anggaran Dasar dan Peraturan Perundang-Undangan. 
Sistem Manajemen Semen Indonesia (SMSI)
            Sejalan dengan strategi dan target bisnis menjadi World Class Company ditengah dinamika perubahan iklim persaingan bisnis yang semakin ketat,, maka diperlukan kegesitan (agility) sebagai upaya meningkatkan daya saing Perseroan. Perubahan iklim bisnis tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor. Antara lain perubahan kebijakan dari ownership, orientasi bisnis Perseroan, kondisi persaingan dan tuntutan stakeholder yang semakin meningkat. Dalam mewujudkan efektivitas dan efisiensi tata kelola tersebut, Perseroan telah menerapkan manajemen terintegrasi dengan mengacu pada prinsip-prinsip tata kelola Perseroan yang baik (good corporate governance), yaitu Sistem Manajemen Semen Indonesia (SMSI). Penerapan Sistem Manajemen Semen Indonesia (SMSI), diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah bagi pemegang saham pada khususnya dan Pemangku Kepentingan (Stakeholders) yang lain pada umumnya.
Pengelolaan SMSI
Sistem Manajemen Semen Indonesia (SMSI) dibangun berlandaskan pada proses bisnis Perseroan dengan basis integrasi. Perseroan juga membentuk Tim P2MSMSI (Peningkatan dan Penyempurnaan Mutu-SMSI) yang mempunyai tugas dan tanggung jawab.


Budaya organisasi
Proses pembentukan budaya korporasi berawal dari kesadaran bahwa perusahaan memerlukan perekat untuk mempersatukan perusahaan-perusahaan yang berada di dalam group perseroan, yaitu Semen Padang dan Semen Tonasa. Dengan terbentuknya budaya korporasi yang bersifat universal dan mengakomodasi aspirasi karyawan, budaya ini telah meresap dan dipraktikkan dalam aktivitas sehari-hari karyawan dan menjadi akselerator pertumbuhan kinerja Perseroan. Budaya perusahaan merupakan sumber dari seluruh pranata organisasi (software) pengaturan pengelolaan perusahaan, yang  dikembangkan dari falsafah dan nilai-nilai yang menjadi pedoman dan keyakinan insan Perseroan dalam melaksanakan tugasnya. Budaya korporasi ini disusun dalam akronim “CHAMPS” yang mengandung nilai-nilai budaya sebagai berikut:
 
C ompete With a Clear & Synergized Vision
 H ave a High Spirit for Continuous Learning
 
A ct with High Accountability
 
M eet Customer Expectation
 P erform ethically with high Integrity
 
S trengthening Teamwork
Kata 
CHAMPS merupakan penggalan dari kata bahasa Inggris “CHAMPION” yang memiliki arti “pemenang” atau ”juara”. Huruf S pada akhir kata CHAMPS menunjukkan bahwa pemenang berjumlah jamak atau lebih dari satu orang, yaitu para karyawan yang ada dalam semua perusahaan yang tergabung dalam grup di perseroan. Selanjutnya nilai-nilai budaya tersebut diaktualisasikan ke dalam perilaku kunci (key behavior). Redefinisi Budaya Perusahaan ini adalah bagian dari  upaya untuk meningkatkan kesiapan seluruh jajaran Perseroan dalam merealisasikan rencana jangka panjang dan meraih peluang pertumbuhan usaha.

2.      Aspek pemasaran
PT Semen Indonesia, memiliki beberapa anak perusahan diantaranya PT Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa dan Seman Thang Long. PT Semen Gresik pada saat ini masih menetapkan harga pasaran yang masih dapat terjangkau oleh konsumen, harga dari produk Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa dan Semen Thang Long yang masih berada di naungan PT Semen Indonesia masih menetapkan harga berkisar Rp 52.000 - Rp 53.000 sesuai dengan  jenis dari produk yang dipasarkan. Setiap produk memiliki harga yang berbeda-beda dikarenakan kegunaan yang berbeda pula. Harga dari Semen Gresik dengan berat 50 kg sebesar Rp 61.000, dan 40 kg sebesar Rp 50.000. Semen Padang berat 50 kg dengan harga Rp 60.000, berat 40 kg dengan harga Rp 49.000. Semen Gresik dan Semen Tonasa memiliki harga yang tinggi dibanding dengan harga semen lainnya dikarenakan Semen Gresik dan Semen Padang memiliki konsumen yang tinggi. PT Semen Indonesia memiliki jangkauan distribusi ke seluruh penjuru dunia pemasaran. Sarana promosi yang menyeluruh ke berbagai media. Kebijakan promosi yang dilakukan Semen Gresik guna meningkatkan penjualannya yang antara lain: TV pada pesawat terbang, papan nama toko, bilboard, radio, koran, majalah, branding event, bando jalan, dan branding mobile. Dan menurut kelompok kami PT Semen Indonesia sudah memaksimalkan promosi demi menarik perhatian masyarakat karena dengan strategi komunikasi pemasaran yang terencana dengan baik dimana meliputi tentang penggunaan teknik dan media komunikasi yang tepat maka informasi dan pengaruh yang diinginkan dari pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan akan tercapai. Serta barang yang berkualitas tinggi yang di produksi oleh PT Semen Indonesia juga dijual dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat luas, sehingga baik dari golongan masyarakat umum (partai kecil) sampai partai besar (kontraktor, pabrikan, dll).
3.      Aspek Operasional
Hal – hal yang dibahas dalam aspek operasional mencakup lokasi, produksi, bahan baku, dan teknologi. Lokasi pabrik sangat strategis di Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Vietnam menjadikan Semen Indonesia mampu memasok kebutuhan semen di seluruh tanah air dan bahkan mengekspor ke negara - negara lain. Semen Indonesia secara keseluruhan memproduksi 8 jenis semen, antara lain 4 jenis semen portland, Super Masonry Cement, Oil Well Cement (OWC), Portland Composite Cement (PCC), Super "Portland Pozzolan Cement" (PPC). Bahan mentah yang digunakan dalam pembuatan semen adalah batu kapur, batu silika, tanah liat dan pasir besi.
PT Semen Indonesia Tbk dari sisi pengembangan teknologi menunjukkan bahwa perusahaan telah memiliki dan menerapkan prinsip pengelolaan yang senantiasa menempatkan aspek lingkungan sebagai bagian dari bisnis perusahaan, konsisten dengan pelaksanaan Tripple Bottom Line (Profit, People dan Planet). Yang diwujudkan dalam tindakan nyata melalui Efisiensi energi, Konservasi air, Pengendalian Pencemaran Udara dan Air, Pengelolaan limbah, Penghijauan, dan Green Technology.
Untuk meningkatkan daya saing, PT Semen Indonesia Tbk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan mutu produk melalui peningkatan kualitas dalam hal teknologi dan sumber daya manusia. Dalam hal pengelolaan dan pemasaran orang yang mengelola dan memanajemen dipilih secara tepat. Serta untuk memperluas dilakukan kerjasama antar Semen Indonesia dan melakukan ekspansi melalui akuisisi.
4.      Aspek Sumber Daya Manusia
Dalam hal penilaian kinerja karyawan, Perseroan akan menggunakan penilaian kinerja unit kerja dan individu berbasis balance score card, dengan menggunakan Sistem HRIS berbasis SAP  dalam modul performance Management atau disebut ePMS, maka bidang Human Capital Perseroan akan memiliki data penilaian kinerja dan kompetensi karyawan yang dilakukan secara rutin dan dikelola secara terintegrasi di seluruh perusahaan.
Pelaksanaan promosi dilakukan dengan metode asesmen dan fit & proper test. Dalam seluruh rangkaian proses rekruitmen, pelatihan, promosi dan pemberian renumerasi, Perseroan melakukan proses rekruitmen berdasarkan kompetensi dan kebutuhan operasional perusahaan tanpa membedakan ras, agama dan gender. 
Perseroan terus berupaya meningkatkan motivasi karyawan untuk terus berkontribusi dan berinovasi melalui pemberian penghargaan yang layak bagi karyawan yang berprestasi.
5.      Aspek Keuangan
Dengan melihat catatan pengeluaran Semen Indonesia. Menunjukkan bahwa sangat banyak aktivitas yang terjadi di dalam penjualan maupun pembelian selama periode 3 bulan tersebut. Keadaan keuangan Semen Indonesia menunjukkan adanya laba yang terjadi di dalam 3 bulan aktivitas perusahaan. Dengan pengeluaran yang sangat besar, membayar gaji karyawan, membeli bahan baku dan masih banyak lagi. Dan Semen Indonesia tetap mendapat laba dari pemasukan yang ada.


1 komentar:

  1. Casino & Resort Jobs in Maryland | DRMCD
    Find the perfect CASINO 수원 출장마사지 & 김천 출장샵 RESORT jobs in Maryland. Start earning REAL 인천광역 출장마사지 MONEY with 의정부 출장안마 our Casino 경산 출장샵 Rewards® promotions! Apply now! Rating: 2.5 · ‎5 reviews

    BalasHapus